Makhhhrus’s Blog

Just another WordPress.com weblog

proposal

PROPOSAL
PROGRAM BANTUAN
PENINGKATAN BAKAT DAN MINAT MAHASISWA
PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
STIT IBNU RUSYD
KOTABUMI LAMPUNG

LEMBAR PENGESAHAN

1. Nama Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
2. Jurusan / Prodi : Pendidikan Agama Islam
3. Judul Usulan Program : Bantuan Peningkatan Bakat dan Minat

Nama : Drs. Mahmud Yusuf, MA
Jabatan : Ketua STIT Ibnu Rusyd
Alamat : Jl Soekarno Hatta no 103 Tanjung Aman
Telepon : (0724) 22557
Fax : (0724) 22557

Kotabumi, 23 Maret 2009
Disampaikan Oleh

Drs. H. Mahmud Yusuf, MA

ABSTRAK

BAB I
INFORMASI UMUM

A. Pengantar Pendahuluan

Berdasarkan Ketetapan SK Dirjen Depag RI NO .DJ.I/216 C/2007 tentang penetapan penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam berdiri dan menyelenggarakan proses pembelajaran secara aktif sejak tanggal 1 September 2004. Setelah mengalami beberapa penyempurnaan, tentang statuta penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam .Dan pasal-pasalnya Prodi PAI mempunyai tugas sebagai pelaksana akademik dari Sekolah Tinggi yang bertugas melaksanakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bagian ilmu agama Islam dan untuk program akademik dan program professional.
Untuk melaksanakan tugas seperti tercantum dalam pasal tersebut, maka fakultas mempunyai fungsi sebagaimana tertuang pada Statuta penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam sebagai berikut :

1. Menyusun dan melaksanakan konsep kebijakan program untuk mencapai tujuan dan visi fakultas.
2. Melaksanakan kegiatan pendidikan ilmu agama Islam dan ilmu lainnya yang terkait.
3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu agama Islam dan ilmu lainnya yang terkait.
4. Melaksanakan pengabdian masyarakat.
5. Melaksanakan pembinaan mahasiswa
6. Melaksanakan pembinaan terhadap civitas akademika dan hubungan dengan lain lingkungan
7. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga lain
8. Melaksanakan pengabdian dan pengawasan kegiatan fakultas.
9. Menyelenggarakan administrasi fakultas.

Untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut makaProgam Studi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam merumuskan visi dan misi Prodi PAI STIT serta rencana strategi nya yakni .

B. Visi, Misi dan Tujuan STIT

1. Visi
“ Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan pendidikan keIslaman dan keilmuan bagi peradaban”

2. Misi
a. Mengembangkan pendidikan berbasis keislaman dan pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) dan keindonesiaan.
b. Mengembangkan budaya ijtihad penelitian dalam pengembangan pendidikan keislaman .
c. Meningkatkan peran serta program studi dalam bidang pendidikan , kebudayaan nasional dan peradaban.
d. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan tridarma perguruan tinggi terutama dibidang pendidikan.

3. Tujuan Pendidikan dan Pengajaran Prgram Studi PAI

a. Tujuan Umum
Membentuk sarjana pendidikan muslim yang ahli dalam ilmu pendidikan dan tenaga kependidikan yang professional dan mampu berdaya saing.
b. Tujuan Khusus
1). Membentuk calon-calon tenaga ahli dalam bidang ilmu pendidikan agama islam, bahasa , teknologi dan ilmu kependidikan umum
2). Mendidik calon-calon tenaga peneliti baik di bidang ilmu pendidikan islam, bahasa, ilmu kependidikan umum dan penelitian interdisipliner
3) Mendidik calon-calon tenaga ahli dalam bidang ilmu kependidikan Islam yang berkualifikasi kemampuan berpikir secara kritis, integratif dan interkoneksitas dalam usaha menyelesaikan masalah-masalah.
Untuk memberikan pedoman bagi jajaran Prodi PAI dalam upaya merealisasikan visi, misi dan tujuan Prodi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi, maka disusunlah rencana strategis Prodi PAI STIT Ibnu Rusyd. Rencana strategis dipedomani oleh seluruh jajaran pejabat Prodi PAI dan staf dalam kegiatan di STIT Ibnu Rusyd Kotabumi.

BAB II
PENINGKATAN BAKAT DAN MINAT MAHASISWA

A. Dasar Pemikiran
Mahasiswa merupakan salah satu elemen sumber daya manusia. Seiring tuntutan zaman, Mahasiswa dituntut untuk dapat menempatkan diri dan membekali diri dengan berbagai kemampuan. Tidak hanya kemampuan akademik tetapi juga kemampuan dalam menciptakan sebuah karya tulis yang orisinil, bakat dan minat yang terpendam dalam diri mereka yang akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas yang hanya bisa diperoleh ketika seorang Mahasiswa terjun langsung kedalam masyarakat itu sendiri untuk mencoba mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperolehnya dengan tidak mengabaikan realitas yang ada.
Oleh karena itu, dengan adanya bimbingan, arahan serta dukungan dari pihak terkait hingga dari pihak pemerintah akan mampu membangkitkan kreatifitas dan inovatif mahasiswa yang memang memiliki potensi sebagai generasi pembaharu di masa yang akan datang. Tentunya hal ini memiliki maksud dan bertujuan untuk melatih Mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam penulisan karya ilmiah, pengembangan diri, pemikiran, olah raga dan kemampuan ekternal lainya yang ada dan yang dapat bermanfaat bagi Prgram Studi Pendidikan Agama Islam pada khususnya dan masyarakat ,bangsa dan negara, adapun yang menjadi dasar pokok pengembangan potensi dan kemampuan mahasiswa dalam hal bakat dan minat pada prodi PAI adalah :
1. Tri Dharma Perguruan Tinggi
2. Program Kerja Pembantu Ketua Bidang Kemahasiwaan STIT Ibnu rusyd
3. Program Kerja Ikatan Mahasiswa STIT Ibnu rusyd Kotabumi Lampung
4. Visi, misi dan Tujuan Prodi PAI STIT Ibnu rusyd

B. Tujuan
Dengan disusunya proposal bantuan tentang bakat dan minat mahasiswa ProdiPAI STIT Ibnu rusyd adalah :
a). Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang bakat dan minat
b). Sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidangpenulisan ilmiah, olah raga, pengembangan diri dan kemampuan sosial lainnya
c). Mendukung program STIT dalam mendinamisasi budaya ilmiah di lingkungan kampus.
d).

BAB I
EVALUASI DIRI
A. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan salah satu metode evaluasi yang dalam analisisnya mempertimbangkan kekuatan (strength, kelemahan (weaknes) peluang (opportunities), dan ancaman (threat). Berikut ini adalah diskripsi analisis SWOT dimaksud.Kekuatan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara terletak pada kuantitas dan kualitas tenaga akademik dan tenaga kependidikan lain yang dimiliki, baik dari sisi latar belakang Pendidikan maupun jabatan/kepangkatannya. Keunggulan membawa implikasi positif pada proses pembelajaran, pelayanan akademik dan out-put yang dihasilkan.

Kekuatan (Strength)
Dari kekuatan tersebut menjadikan proses pembelajaran, pengembangan dan pelatihan kompetensi mahasiswa dilaksanakan melalui perkuliahan, praktikum, kegiatan jurusan, kegiatan dosen secara mandiri, penelitian dan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik. Kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan potensi yang ada pada gilirannya akan membawa peningkatan pada kemampuan dalam membimbing dan melayani mahasiswa.

Pelayanan yang ramah, cepat dan tepat senantiasa diupayakan agar mahasiswa dapat merasakan suasana kondusif dalam upaya menyelesaikan studinya. Dari segi input, menunjukkan kecenderungan meningkatyang membawa dampak semakin baik proses pembelajaran yang pada gilirannya akan membawa produktivitas pembelaran. Penyelesaian studi serta kualitas out-put yang semakin baik serta kepuasan mahasiswa. Ini ditandai dengan jumlah wisuda yang relative stabil atau semakin meningkat dengan asa studi yang relative pendek dalam menyelesaikan studi. Kualitas tenaga edukatif yang ada dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang kerjasama dengan berbagai pihak.

Kelemahan (weaknes)
Keterbatasan dana operasional untuk pengembangan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara dan terbatasnya sarana pembelajaran merupakan kelemahan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara. Oleh karena itu pimpinan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara mengambil langkah-langkah :
1. Mencari alternative pembiayaan melalui kerjasama dengan berbagai pihak.
2. Meningkatkan promosi fakultas dengan berbagai kegiatan
3. Memanfaatkan jaringan alumni dan
4.Merjasama untuk membangun system informasi akademik guna mendukung perencanaan dan pengendalian pembelajaran.

Dengan Terbitnya UU No. 14 th 2005 tentang standar nasional Pendidikan dan keputusan mendiknas no 057 th 2007 tentang guru dan dosen, PP No 19 th 2005 tentang Perguruan Tinggi pada PTAIS Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara sebagai LPTK penyelenggara pendidikan guru dalam jabatan merupakan peluang terbuka bagi Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara untuk berkiprah lebih banyak.

Peluang (opportunities)

Berdasarkan Ketetapan SK Dirjen Depag RI NO .DJ.I/216 C/2007 tentang penetapan penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam berdiri dan menyelenggarakan proses pembelajaran secara aktif . Pembahasan melalui perdebatan yang panjang dan akhirnya diyakini akan membawa dampak terbukanya peluang pengembangan Prodi melalui kerjasama dengan pihak lain. Disamping status Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd akan meningkatkan kepercayaan dan animo masyarakat terhadap lembaga.
Diundangkannya UU Sisdiknas tahun 2003 yang beberapa pasalnya memungkinkan eksistensi Pendidikan agama semakin kuat dan jelas, ini merupakan peluang bagi Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kedepan. Peluang lain adalan keistimewaan kota Yogyakarta sebagai kota pelajar sehingga lembaga Pendidikan yang ada di kota tetap menjadi pilihan pertama.

Peluang tersebut direspon oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd dengan cara terus menerus meningkatkan kualitas dan membenahi kurikulum sesuai dengan perkembagnan ilmu dan teknologi, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memenuhi kualifikasi yang layak. Beberapa jaringan kerja sama yang telah berhasil dijalin oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd antara lain :
Kopertai Wilayah VII
DEPDIKNAS Kab Lampung Utara
DEPAG RI
PTAIN/PTAIS
Alumni
Bank Eka ( keungan dan pembayaran SPP dll)
Bank BRI ( keungan dan pembayaran SPP dll)

Ancaman (Threat)

Munculnya berbagai lembaga perguruan tinggi di berbagai daerah dan rendahnya minat pada Islamic studies adalah ancaman yang dihadapi ( keungan dan pembayaran SPP dll). Mensikapi ancaman tersebut upaya yang dilakukan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd adalah memanfaatkan kepercayaan masyarakat dengan mengoptimalkan manajeman dan penjelasan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd untuk memacu akselerasi prodi lebih sigap dan cepat, mengaktifkan berbagai bentuk kerjasama yang telah diprogramkan untuk memperkuat lembaga dan sumberdaya yang dimiliki Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd Kotabumi

Selanjutnya, sebagai investasi jangka panjang, dan untuk pengembangan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi ke depan, telah dibentuk lembaga-lembaga antara lain :

-. Tim Penjamin Mutu Perguruan Tinggi yang bertugas menangani /memberikan ide-ide segar dalam pengembangan Pendidikan islam di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi.
-. TIM Pengembangan akademik dan kelembagaan bertugas membantu pimpinan dalam mengembangkan mutu akademik dan pengembangan kelembagaan.
-. Tim Pengembangan Kurikulum yang bertugas untuk merevisi kurikulum yang berupaya menyesuaikan kurikulum terbaru sesuai dengan tuntutan zaman.

Selain itu , beberapa investasi masa depan berikut sudah mulai dirintis oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi seperti :
Pendidikan profesi (dulu akta IV)

Pendidikan PPKN (Tadris)

Pendidikan bahasa Indonesia(Tadris)

Pendidikan IPS (Tadris)

Investasi itu sedang diprogramkan untuk dapat direalisasikan karena itu sesuia dengan kebutuhan dan perkembangan zaman khususnya masyarakat di kabupaten lampung utara.

DAFTAR ISI

Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Visi Misi dan Tujuan STIT
C. Perkembangan STIT 5 tahun
D. Bantuan yang telah dan sedang diterima
E. Alasan pengajuan Bantuan

BAB II EVALUASI DIRI
A. Kekuatan
B. Kelemahan
C. Peluang
D. Ancaman

BAB III USULAN PROGRAM BANTUAN
A. Latar Belakang Pengusulan Bantuan
B. Potensi yang ditangani dan keuntungan Institusi
C. Orientasi kedepan hasil pengajuan
D. Target yang akan dicapai

BAB IV INDIKATOR KINERJA PROGRAM PENGEMBANGAN
A. Rangkuman Indikator
B. Pengukuran hasil pengembangan yang diusulkan

BAB V RENCANA IMPLEMENTASI PROGRAM
A. Mekanisme rencana Implementasi Program
B. Rekapitulasi Jadual kegiatan Mahasiwa
C. Rincian Anggaran yang diperlukan
D. Panitia dan Job discription
E. Struktur Kepanitiaan

Lampiran :
1. data Evaluasi Diri
2. Surat Keputusanh yang berkaitan
3. Informasi Penunjang yang dianggap perlu

C. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan salah satu metode evaluasi yang dalam analisisnya mempertimbangkan kekuatan (strength, kelemahan (weaknes) peluang (opportunities), dan ancaman (threat). Berikut ini adalah diskripsi analisis SWOT dimaksud.Kekuatan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara terletak pada kuantitas dan kualitas tenaga akademik dan tenaga kependidikan lain yang dimiliki, baik dari sisi latar belakang Pendidikan maupun jabatan/kepangkatannya. Keunggulan membawa implikasi positif pada proses pembelajaran, pelayanan akademik dan out-put yang dihasilkan.

Kekuatan (Strength)
Dari kekuatan tersebut menjadikan proses pembelajaran, pengembangan dan pelatihan kompetensi mahasiswa dilaksanakan melalui perkuliahan, praktikum, kegiatan jurusan, kegiatan dosen secara mandiri, penelitian dan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik. Kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan potensi yang ada pada gilirannya akan membawa peningkatan pada kemampuan dalam membimbing dan melayani mahasiswa.

Pelayanan yang ramah, cepat dan tepat senantiasa diupayakan agar mahasiswa dapat merasakan suasana kondusif dalam upaya menyelesaikan studinya. Dari segi input, menunjukkan kecenderungan meningkatyang membawa dampak semakin baik proses pembelajaran yang pada gilirannya akan membawa produktivitas pembelaran. Penyelesaian studi serta kualitas out-put yang semakin baik serta kepuasan mahasiswa. Ini ditandai dengan jumlah wisuda yang relative stabil atau semakin meningkat dengan asa studi yang relative pendek dalam menyelesaikan studi. Kualitas tenaga edukatif yang ada dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang kerjasama dengan berbagai pihak.

Kelemahan (weaknes)
Keterbatasan dana operasional untuk pengembangan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara dan terbatasnya sarana pembelajaran merupakan kelemahan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara. Oleh karena itu pimpinan Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara mengambil langkah-langkah :
1. Mencari alternative pembiayaan melalui kerjasama dengan berbagai pihak.
2. Meningkatkan promosi fakultas dengan berbagai kegiatan
3. Memanfaatkan jaringan alumni dan
4.Merjasama untuk membangun system informasi akademik guna mendukung perencanaan dan pengendalian pembelajaran.

Dengan Terbitnya UU No. 14 th 2005 tentang standar nasional Pendidikan dan keputusan mendiknas no 057 th 2007 tentang guru dan dosen, PP No 19 th 2005 tentang Perguruan Tinggi pada PTAIS Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara sebagai LPTK penyelenggara pendidikan guru dalam jabatan merupakan peluang terbuka bagi Program Studi PAI STIT Ibnu Rusyd Kotabumi lampung Utara untuk berkiprah lebih banyak.

Peluang (opportunities)

Berdasarkan Ketetapan SK Dirjen Depag RI NO .DJ.I/216 C/2007 tentang penetapan penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd, Prodi Pendidikan Agama Islam berdiri dan menyelenggarakan proses pembelajaran secara aktif . Pembahasan melalui perdebatan yang panjang dan akhirnya diyakini akan membawa dampak terbukanya peluang pengembangan Prodi melalui kerjasama dengan pihak lain. Disamping status Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd akan meningkatkan kepercayaan dan animo masyarakat terhadap lembaga.
Diundangkannya UU Sisdiknas tahun 2003 yang beberapa pasalnya memungkinkan eksistensi Pendidikan agama semakin kuat dan jelas, ini merupakan peluang bagi Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kedepan. Peluang lain adalan keistimewaan kota Yogyakarta sebagai kota pelajar sehingga lembaga Pendidikan yang ada di kota tetap menjadi pilihan pertama.

Peluang tersebut direspon oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd dengan cara terus menerus meningkatkan kualitas dan membenahi kurikulum sesuai dengan perkembagnan ilmu dan teknologi, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memenuhi kualifikasi yang layak. Beberapa jaringan kerja sama yang telah berhasil dijalin oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd antara lain :
Kopertai Wilayah VII
DEPDIKNAS Kab Lampung Utara
DEPAG RI
PTAIN/PTAIS
Alumni
Bank Eka ( keungan dan pembayaran SPP dll)
Bank BRI ( keungan dan pembayaran SPP dll)

Ancaman (Threat)

Munculnya berbagai lembaga perguruan tinggi di berbagai daerah dan rendahnya minat pada Islamic studies adalah ancaman yang dihadapi ( keungan dan pembayaran SPP dll). Mensikapi ancaman tersebut upaya yang dilakukan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd adalah memanfaatkan kepercayaan masyarakat dengan mengoptimalkan manajeman dan penjelasan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd untuk memacu akselerasi prodi lebih sigap dan cepat, mengaktifkan berbagai bentuk kerjasama yang telah diprogramkan untuk memperkuat lembaga dan sumberdaya yang dimiliki Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd Kotabumi

Selanjutnya, sebagai investasi jangka panjang, dan untuk pengembangan Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi ke depan, telah dibentuk lembaga-lembaga antara lain :

-. Tim Penjamin Mutu Perguruan Tinggi yang bertugas menangani /memberikan ide-ide segar dalam pengembangan Pendidikan islam di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi.
-. TIM Pengembangan akademik dan kelembagaan bertugas membantu pimpinan dalam mengembangkan mutu akademik dan pengembangan kelembagaan.
-. Tim Pengembangan Kurikulum yang bertugas untuk merevisi kurikulum yang berupaya menyesuaikan kurikulum terbaru sesuai dengan tuntutan zaman.

Selain itu , beberapa investasi masa depan berikut sudah mulai dirintis oleh Prodi PAI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Rusyd kotabumi seperti :
Pendidikan profesi (dulu akta IV)

Pendidikan PPKN (Tadris)

Pendidikan bahasa Indonesia(Tadris)

Pendidikan IPS (Tadris)

Investasi itu sedang diprogramkan untuk dapat direalisasikan karena itu sesuia dengan kebutuhan dan perkembangan zaman khususnya masyarakat di kabupaten lampung utara.

About these ads

April 1, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: